Senin, 05 Desember 2011

Guest Number (Acak Nomer) aplikasi Digital menggunakan IC 74LS47

Guest Number (Acak Nomer) aplikasi Digital menggunakan IC 74LS47



TUJUAN

Dapat mengetahui macam – macam gerbang logika dan pengplikasiannay pada alat elektronika digital
Dapat memahami prinsip kerja pada Counter up dan counter down
Dapat mengaplikasikan IC 74LS47 dan 74LS190 pada rangkaian elektronika digital



ALAT dan BAHAN



1. ALAT

1) DC Power Suplay

2) Avo Meter

3) Solder

4) Sedotan Timah





2. BAHAN

1) Timah

2) Jumper

3) 2 buah PCB

4) 12 buah Resistor 220 ohm

5) 10 buah LED

6) 2 buah(IC 7447, 74190, lm 555)

7) 2 buah 7-segmen

8) 2 buah potensiometer

9) 2 soket IC 8 kaki

10) 4 soket IC 16 kaki

11) 1 buah Capasitor 1 uf

12) 1 buah kapasitor 4,7 uf

13) 1 buah kapasitor 22 uf

14) DPDT 36



LANGKAH KERJA



PERANCANGAN

Perancangan rangkaian alat pertama kali kita desain menggunakan Mmultisim

10.1 kita merancang logika yang akan di gunakan di dalam alat dan menentukan komponen – komponen yang akan di gunakan di dalam rangkaian. Kemudian setelah simulasi di multisim berhasil maka di uji cobba dalam project board sebelum di rancan didalam pcb.


PEMBUATAN ALAT

Pemasangangan komponen di PCB berlubang maka jalur rangkaiannya mengunakan kabel engkel yang berukuran paling kecil. Kita harus berhati – berhati dalam menjumper jika kita asal menjumper akan kelihatan tidak rapi. Pada waktu menyolder komponen terutama soket IC jika menyolder tidak rapi maka akan terhubung antara kaki satu dengan yang lain karena kaki-kaki IC berdekatan. Trouble dalam pemasangan komponen di pcb banyak sekali trouble sangat berbeda pad simulasi di Multisim.


PERCOBAAN

Pada pencobaan alat kita harus memastikan bahwa tidak ada komponen-
Komponen yang terhubung di semesti nya atau tidak tersambbung dalam prosedur cara nya kita cek jalur – jalur nya dengan AVO meter jika ada yang terhubung akan terjadi konslet pada rangkaian dan akan rusak komponen terutama IC. Kita menggunakan arus dc 5V dan kita harus meneliti polaritas nya jangan sampai terbalik.



E.HASIL KERJA

1.GAMBAR RANGKAIAN



2. GAMBAR BLOG DIGRAM

3. PRINSIP KERJA RANGKAIAN

Rangkaian ini menggunakan logika counter up dan down menggunakan ic 74190, dimana masukan input nya menggunakan 2 rangkaian timer LM555 dimana setiap rangkain timer berbeda frekuensi nya. Ini kita buat berbeda frekuensi nya agar kemungkinan muncul nya angka tidak bisa di prediksikan. Rangkaian guest number dialiri arus dc 5 v, input rangkaian guest number dari rangkain timer 555 kemudian masuk ke ic 74190 outputan nya biner kemudian masuk ke ic 7447 disini terjadi proses pengonversian dari biner ke decimal dan output nya di tampilkan dalam sevent segment berupa decimal.



ANALISA RANGKAIAN

Hasil penganalisisan rangkaian rangkaian multi vibrator frekuensi nya

Dipengaruhi oleh besarnya resistor dan capacitor yang digunakan. Pada rangkaian ini kami menggunakan 2 multi vibrator yang frekuensi nya berbeda, tetapi bits yang dihasilkan multi vibrator 1 dengan yang satunya saling mempengaruhi jika potensio meter masing – masing multi vibrator di putar ini di sebabkan karena input nya memakai 1 catu daya.

IC 74190 jika dibatasi dengan IC 7432 akan hang tidak bisa counter. Keawetan komponen di pengaruhi oleh stabil tidak tegangan yang di berikan.



PROSEDUR PENGUNAAN RANGKAIAN

Prosedur penggunaan alat GueSt nuMbEEr inputan vcc di aliri arus dc 5v.

Setelah itu atur frkuensi yang di inginkan untuk masing – masing digit dengan memutar potensio meter sampai ketemu seberapa frekuensi yang kita inginkan. Kemudian untuk menghentikan counter tekan switch dpdt.

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini